Rumah Makan Dapoer Kaka
Dapoer Kaka,
merupakan salah satu rumah makan tradisional yang bernuansa internasional
dengan menyediakan segala macam makanan dan minuman khas indonesia dan
internasional dengan dibaluti kenyamanan dalam tempat dan nuansa rumah makan
tersebut. Dapoer kaka tersebut berdiri pada 28 Maret 2012 yang didirikan oleh
Siti Aisyah di daerah Jl. TB. Simatupang Jakarta Selatan. Rumah Makan Dapoer
Kaka tersebut menyediakan tidak hanya makan berat tetapi dengan menu lain
seperti cemilan untuk nongkrong bareng keluarga, teman, bahkan rmeeting kerja
sekaligus karena Dapoer Kaka tersebut menyediakan tempat yang aman, nyaman dan
strategis untuk dikunjungi. Dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan dengan
tingkat persaingan antar rumah makan yang juga semakin tinggi, Strategi yang
diterapkan rumah makan ini tidak bisa lagi hanya mengandalkan kualitas makanan
dan minuman, namun juga pelayanan dan kenyaman suasana serta pembentukan
identitas yang kuat. Dalam menyikapi persaingan yang semakin tinggi, Rumah
makan Dapoer Kaka mempunyai strategi bisnis sendiri yang sesuai dengan visi dan
misinya.
VISI
Perusahaan :
“
Mewujudkan Restaurant Dapoer Kaka sebagai Indonesian Food Heaven yang bernuansa
tradisional namun berwawasan internasional.”
MISI Perusahaan :
- Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayan) dan disajikan (makanan).
- · Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
- · Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasinal yang maksimal.
- · Mengembangkan usah di beberapa tempat yang strategis untuk menjadikan restaurant terbaik di Indonesia.
Struktur
Organisasi
Perusahaan
1. Owner
Pemilik
restaurant dan sekaligus pemimpin bagi seluruh bagian atau karyawan dalam restaurant tersebut.
Seseorang
yang telah ditunjuk sebagai kepala operasional restaurant :
A. Mengawasi
daily operational direstaurant supaya selalu dapat memberikan dan menyajikan
kualitas pelayanan secara maksimal serta menjaga standar pelayanan sesuai
dengan peraturan yang telah ditetapkan.
B. Merencanakan
ide kegiatan yang kreatif agar dapat menambah pemasukan keuangan restaurant.
C. Memberikan
pelatihan kepada karyawan.
D. Mengawasi
biaya atau pengeluaran dan harus sesuai dengan presentasi cost standar yang
telah ditetapkan manajemen.
1. Assistant
Manager
Seseorang
yang diberi wewenang untuk membantu Restaurant Manager dalam menjalankan tugas
dan tanggung jawabnya. Bertanggung jawab dalam jalannya operational kerja
restaurant jika manager sedang tidak ada di tempat.
2. Supervisor
Seseorang
yang diangkat dan diberikan tugas serta wewenang untuk melakukan pengawasan
dalam kegiatan operasioanl restaurant. Supervisor restaurant dibebankan
tugas-tugas yang mencakup hal teknis dan non teknis yang berkaitan dengan
kegiatan restaurant yang tujuan utamanya adalah agar operasional restaurant
berjalan dengan lancar seperti yang lain, Cek kehadiran karyawan, Cek daftar
pesanan, Cek persediaan barang dan bahan, Cek standart kualitas menu, dll.
3. Chef
Seseorang
yang bertanggung jawab dalam operasional produksi direstaurant. Tugas dan
tanggung jawab chef antara lain, Mengelola dapur, Menyusun menu, Membuat
purchase order (bahan-bahan), Mengawasi jalannya operasional dapur, dll.
4. Waiter/Waiters
Sekelompok
orang yang bertugas melayani kebutuhan pesanan tamu restaurant. Tugas dan
tanggung jawab antara lain, Menyajikan makanan dan minuman pesanan dengan cara
efisien dan sopan untuk mendapatkan kepuasan tamu dan sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan, Menjaga meja, kursi dan
peralatan rapi sepanjang waktu, Melakukan tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh
kebijakan manajemen atau pimpinannya, dll.
5. Cook
Helper
Sekelompok
orang yang membantu kerja chef dalam operasional dapur. Cook Holper sebagai
pelaksana yang bekerja atas perintah atasannya. Kepangkatan mereka dinilai
berdasarkan kecakapan/kemampuan dan lamanya bekerja.
Strategi
Pemasaran :
Dalam
hal strategis pemasaran rumah makan Dapoer Kaka tersebut menggunakan cara-cara
tertentu untuk menarik perahtian para konsumen seperti mengadakan diskon atau
promo-promo lainnya, yaitu :
1. Adanya
sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan
menelpon 021-7828883 atau lewat sosial media seperti Instagram @Daporkaka
2. Dengan
adanya sistem delivery order melalui customer service yang ada, Dapoer Kaka
menyediakan Sistem Delivery Order dengan menggunakan Mobil Pic-up dan Motor
Khusus Delivery Order.
3. Tempat
penjualan yang bersih, strategis dan adanya tempat bermain untuk anak-anak
mempunyai dayak tarik tersendiri.
4. Pelayan
dengan Waiter/Waiters yang sopan dalam menyikapi setiap konsumen.
5. Menyediakan
atau mengadakan promo dengan memasang iklan di media cetak mingguan atau
bulanan seperti majalah tabloid dan Media sosial melalui Instagram.
Komentar
Posting Komentar