Langsung ke konten utama

Softskill "Rumah Makan Dapoer Kaka"

Rumah Makan Dapoer Kaka



     Dapoer Kaka, merupakan salah satu rumah makan tradisional yang bernuansa internasional dengan menyediakan segala macam makanan dan minuman khas indonesia dan internasional dengan dibaluti kenyamanan dalam tempat dan nuansa rumah makan tersebut. Dapoer kaka tersebut berdiri pada 28 Maret 2012 yang didirikan oleh Siti Aisyah di daerah Jl. TB. Simatupang Jakarta Selatan. Rumah Makan Dapoer Kaka tersebut menyediakan tidak hanya makan berat tetapi dengan menu lain seperti cemilan untuk nongkrong bareng keluarga, teman, bahkan rmeeting kerja sekaligus karena Dapoer Kaka tersebut menyediakan tempat yang aman, nyaman dan strategis untuk dikunjungi. Dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan dengan tingkat persaingan antar rumah makan yang juga semakin tinggi, Strategi yang diterapkan rumah makan ini tidak bisa lagi hanya mengandalkan kualitas makanan dan minuman, namun juga pelayanan dan kenyaman suasana serta pembentukan identitas yang kuat. Dalam menyikapi persaingan yang semakin tinggi, Rumah makan Dapoer Kaka mempunyai strategi bisnis sendiri yang sesuai dengan visi dan misinya.

VISI Perusahaan :
“ Mewujudkan Restaurant Dapoer Kaka sebagai Indonesian Food Heaven yang bernuansa tradisional namun berwawasan internasional.”





MISI Perusahaan :
  1.         Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayan) dan disajikan (makanan).
  2. ·         Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
  3. ·         Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasinal yang maksimal.
  4. ·         Mengembangkan usah di beberapa tempat yang strategis untuk menjadikan restaurant terbaik di Indonesia.


Struktur Organisasi
Perusahaan


















































Berikut penjelasan dari struktur di atas, yaitu :
1.      Owner
Pemilik restaurant dan sekaligus pemimpin bagi seluruh bagian atau  karyawan dalam restaurant tersebut.
2.      Restaurant Manager
Seseorang yang telah ditunjuk sebagai kepala operasional restaurant :
A.  Mengawasi daily operational direstaurant supaya selalu dapat memberikan dan menyajikan kualitas pelayanan secara maksimal serta menjaga standar pelayanan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.
B. Merencanakan ide kegiatan yang kreatif agar dapat menambah pemasukan keuangan restaurant.
C.  Memberikan pelatihan kepada karyawan.
D.  Mengawasi biaya atau pengeluaran dan harus sesuai dengan presentasi cost standar yang telah ditetapkan manajemen.
1.      Assistant Manager
Seseorang yang diberi wewenang untuk membantu Restaurant Manager dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Bertanggung jawab dalam jalannya operational kerja restaurant jika manager sedang tidak ada di tempat.
2.      Supervisor
Seseorang yang diangkat dan diberikan tugas serta wewenang untuk melakukan pengawasan dalam kegiatan operasioanl restaurant. Supervisor restaurant dibebankan tugas-tugas yang mencakup hal teknis dan non teknis yang berkaitan dengan kegiatan restaurant yang tujuan utamanya adalah agar operasional restaurant berjalan dengan lancar seperti yang lain, Cek kehadiran karyawan, Cek daftar pesanan, Cek persediaan barang dan bahan, Cek standart kualitas menu, dll.
3.      Chef
Seseorang yang bertanggung jawab dalam operasional produksi direstaurant. Tugas dan tanggung jawab chef antara lain, Mengelola dapur, Menyusun menu, Membuat purchase order (bahan-bahan), Mengawasi jalannya operasional dapur, dll.
4.      Waiter/Waiters
Sekelompok orang yang bertugas melayani kebutuhan pesanan tamu restaurant. Tugas dan tanggung jawab antara lain, Menyajikan makanan dan minuman pesanan dengan cara efisien dan sopan untuk mendapatkan kepuasan tamu dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, Menjaga meja,  kursi dan peralatan rapi sepanjang waktu, Melakukan tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh kebijakan manajemen atau pimpinannya, dll.
5.      Cook Helper
Sekelompok orang yang membantu kerja chef dalam operasional dapur. Cook Holper sebagai pelaksana yang bekerja atas perintah atasannya. Kepangkatan mereka dinilai berdasarkan kecakapan/kemampuan dan lamanya bekerja.

Strategi Pemasaran :
Dalam hal strategis pemasaran rumah makan Dapoer Kaka tersebut menggunakan cara-cara tertentu untuk menarik perahtian para konsumen seperti mengadakan diskon atau promo-promo lainnya, yaitu :
1.     Adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan menelpon 021-7828883 atau lewat sosial media seperti Instagram @Daporkaka
2.      Dengan adanya sistem delivery order melalui customer service yang ada, Dapoer Kaka menyediakan Sistem Delivery Order dengan menggunakan Mobil Pic-up dan Motor Khusus Delivery Order.
3.   Tempat penjualan yang bersih, strategis dan adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai dayak tarik tersendiri.
4.      Pelayan dengan Waiter/Waiters yang sopan dalam menyikapi setiap konsumen.
5.   Menyediakan atau mengadakan promo dengan memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah tabloid dan Media sosial melalui Instagram.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Asimilasi & Akulturasi Budaya

MAKALAH AKULTURASI   MAKALAH   AKULTURASI KATA PENGANTAR Alhamdulillah wasyukurillah kita panjatkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa, yang telah memberikan kita karunia serta nikmatnya hingga pada saat ini kita masih bisa melaksanakan proses belajar mengajar dalam bangku perkuliahan ini.Shalawat beriringan salam, mari kita sampaikan ke Rasul Allah SAW yang telah membawa tangan umatnya dari alam kegelapan hingga menuju alam yang terang dengan iman ddan taqwa. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  Antropologi Budaya  yang inti dari pembahasan tersebut adalah  Tentang Akulturasi . Apabila nantinya dalam penyusunan makalah saya ini ada kekurangan dan ketidaksempurnaan saya terlebih dahulu memohon maaf. DAFTAR ISI Kata Pengantar..................................................................................................................ii Daftar Isi.................................................................. .......................

Money and Happiness

Tugas Softskill Bahasa Inggris Disusun oleh : Siti Aisyah (16215595) Kelas : 1EA08 Fakultas Ekonomi Manajemen S-1 Universitas Gunadarma Depok Money and Happiness Can money buy happiness? Before we can answer that question we need to get to the bottom of what happiness really is. In the movie that made Will Smith a popular figure “The Pursuit of Happiness”, his character sees an opportunity to better his self through an internship in order to create a better life for his son and himself. The journey is not without pain and hardship. We see him struggling to sell medical appliances, balancing that with work and study and all the while being a single parent. Not long after he gets kicked out of his house after being unable to afford rent which results in both of them sleeping in a public bathroom. After all of his hard work he reaches top of his class which leads to him landing a secure job as a stock broker allowing him to make more than enoug

Manfaat Bersosialisasi

Seringkali kita melupakan betapa pentingnya bersosialisasi, terkadang malah seakan kita enggan untuk melakukannya. Entah karena malu atau takut merasa dirugikan oleh orang lain? Padahal tak seorang pun didunia ini melakukan perjalanan seorang diri. Agar bisa bergerak maju mengejar semua tujuan, baik kita menyadarinya maupun tidak. Kita selalu membutuhkan orang lain. Kita tidak bisa meraih kesuksesan sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Disisi lain membangun hubungan positif belum tentu mudah. Disini saya mencoba untuk berbagi kutipan-kutipan dan tips yang saya kumpulkan dari berbagai sumber yang saya rangkum dan saya pilah mengenai bagaimana bersikap dan bergaul (bersosialisasi) yang baik. Agar setiap orang dapat saling berhubungan dengan baik dan positif. Untuk menjalin hubungan yang baik kita perlu mengetahui  hal-hal apa sajakah yang penting dalam lingkup bersosialisasi? Seberapa besar pengaruh teman dalam lingkungan bersosialisasi? Dan bagaimana meningkatkan kemampuan kita